Tips Memilih Keyboard Organ Tunggal Sesuai Kebutuhan

Hai sobat Ngamen apa khabar, apakah saat ini ada rencana untuk membeli keyboard musik organ tunggal ? jika iya anda harus sesuaikan budget dengan fasilitas atau fitur yang dimiliki oleh keyboard tersebut. Semakin mahal tentu akan semakin bagus fitur keyboardnya demikian sebaliknya. Namun dari sekian banyak merk dan type seri keyboard pertimbangan utama dalam memilih keyboard adalah kebutuhan. Dari sinilah anda akan bisa menentukan merk dan type keyboard yang pas dengan selera dan kebutuhan anda.

Organ tunggal atau disebut juga electone atau accompaniment keyboard adalah keyboard yang memiliki kemampuan untuk mengiringi seorang penyanyi untuk menyanyikan sebuah lagu bahkan menyediakan fasilitas drum, pemain bass, pemain gitar bahkan serombongan pemain string section dan brass section virtual dalam satu alat musik keyboard dengan menggunakan paket fasilitas yang disebut “STYLE”. Jadi dengan adanya fasilitas STYLE, seorang pemain keyboard sanggup memainkan lagu dengan seolah-olah menghadirkan serombongan pemain band (oleh karena itulah disebut “organ tunggal” atau “keyboard tunggal.

Saya akan beri gambaran sedikit berdasarkan pengalaman mencoba beberapa merk keyboard organ tunggal dan fasilitas yang dimilikinya. Untuk memulai belajar organ tunggal anda bisa mulai dari keyboard merk dan seri apa saja, bahkan keyboard fenomenal KN 7000 juga bisa anda gunakan untuk belajar jika kemampuan finansial anda bisa membelinya. Tetapi jika pertimbangan anda adalah menyesuaikan budget dengan fasilitas keyboard, maka berikut adalah gambaran saya :


Keyboard Yamaha mendapatkan julukan keyboard dengan suara yang sangat real untuk lagu lagu pop. Jenis keyboard yang portable Seri E cocok untuk anda yang menginginkan kualitas suara sangat real namun budget yang terbatas (dibawah 5 juta), tentu fasilitasnya pun terbatas. Anda hanya bisa memainkan /mengiringi lagu lagu dengan style bawaan dan hanya tersedia di keyboard saja, tidak bisa menggunakan style keyboard sendiri. Oleh karena itu jika anda penggemar dangdut, jangan membeli keyboard Yamaha seri E karena tidak tersedia style dangdutnya.Walaupun di seri E443 ada style dangdutnya , namun sangat tidak memuaskan. Keyboard yamaha yang cocok untuk memainkan lagu dangdut (selain lagu pop) adalah keyboard seri S seperti PSR S700/S750, PSR S950/S970 yang juga disebut juga dengan keyboard arranger, karena selain bisa memainkan style sendiri juga bisa mengaransmen/menciptakan dan merekam style buatan sendiri, Dua jenis keyboard ini sangat laku dipasaran baik untuk menghibur diri dirumah maupun untuk show panggung.

Keyboard Casio mendapatkan keyboard murah namun bukan murahan. maksudnya adalah anda bisa mendapatkan keyboard  arranger sekelas Yamaha  PSR S750 dengan budget masih dibawah 5 juta. Anda juga bisa mendapatkan keyboard arranger Casio seperti CTK series dengan fasilitas yang sangat komplit. Namun tentu suara yang dihasilkan masih belum sekelas Yamaha.

Untuk keyboard Technic dengan berbagai seri KN menjadi keyboard yang sangat real suara yang dihasilkan untuk semua jenis musik. Sejak lahir seri KN 1000 sampai KN7000 menjadi gambaran betapa harga tidak menjadi masalah jika kualitas suara dan fasilitas yang diberikan melebihi harganya. Walaupun onderdil keyboard KN tergolong sulit didapatkan jika mengalami kerusakan, namun tidak menjadi alasan bagi banyak penikmat musik untuk memiliki keyboard jenis KN iini baik untuk dirumah maupun untuk keyboard organ tunggal. Siapkan dana yang lebih besar untuk memiliki keyboar jenis KN apalagi seri terbaru KN7000.

Untuk beberapa jenis dan seri keyboard yang lain seperti Korg dengan seri PA saya tidak mempunyai pengalaman khusus, namun dari beberapa pengalaman beberapa teman mengatakan bahwa Korg mempunyai fasilitas yang canggih dengan fitur yang sangat lengkap namun dari segi harga masih lebih mahal dari Casio maupun Yamaha Seri E.

Satu lagi jika anda ingin melatih jari tangan anda untuk belajar memainkan style atau bersensasi bermain keyboard layaknya seorang keyboardist, anda bisa memulainya dengan keyboard Techno. Keyboard China dengan fasilitas style portabel yang sangat lengkap (seri T9800. T9900). walaupun banyak orang bilang Techno adalah keyboard abal abal, namun banyak kelebihan keyboard dengan harga 2 jutaan ini seperti : style dangdut, keroncong, melayu juga tampilan keyboardnya menyerupai keyboard Technic. Namun kualitas suara jangan dibandingkan dengan keyboard yang lain. Namun kualitas suara masih bisa anda tutupi jika anda memainkan mp3 playernya dengan lagu lagu mp3 karaoke apalagi yang dihasilkan dari keyboard KN, karean keyboard Techno mempunyai colokan usb untuk memainkan lagu lagu berformat mp3.


Demikian pengalaman saya dalam memilih dan menentukan jenis keyboard organ tunggal sesuai dengan kebutuhan.

DAFTARKAN EMAIL ANDA DIBAWAH INI

4 Responses to "Tips Memilih Keyboard Organ Tunggal Sesuai Kebutuhan"

  1. Makasih Om,infonya,saya juga baru belajar,pakai techno t5000

    ReplyDelete
  2. Jadikan Androidmu mesin pencetak dollar,
    Dapatkan dollar dengan cara instal app doang,.
    Caranya:
    1. Buka Playstore
    2. cari WHAFF REWARD
    3. Instal dan jalankan, login menggunakan akun facebook kamu
    4. jika suruh masukin kode undangan masukkan BA97187 (anda otomatis dapat $0,3 dari kode tsb)
    5. instal aplikasi yang di sediakan di whaff yang terdiri dari "pick keberuntungan, pick premium, pick whaff, dan cek kehadiran" lalu kumpulkan uangnya
    bisa ditarik ke Paypal, Facebook, Google Credit, Steam, Bahkan Jadi Pulsa pun bisa!

    Buruan Coba

    bingung? kunjungi http://whaffduit.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. mantab... saya rencana mau beli psr s970. tp masih galau antara psr970 sama pa900

    ReplyDelete

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed