Tips Mengembangkan Bakat Menyanyi Pada Anak

Mengembangkan bakat menyanyi pada anak tidak sama dengan mengembangkan bakat menyanyi setelah remaja atau dewasa. Anak anak dengan dunianya membutuhkan sentuhan yang lembut dan tidak boleh memaksakan kepada anak untuk belajar menyanyi. Memancing dengan berbagai lomba nyanyian dan jika ada kemauan untuk menyanyi lalu memujinya, merupakan salah satu ajakan yang lembut untuk mengembangkan bakatnya. Jika dengan berbagai cara ajakan lembut untuk menyanyi tidak juga membuahkan hasil, berarti si buah hati tidak mempunyai bakat untuk menyanyi.


Sebenarnya mempelajari hal yang dianggap sulit bagi anak-anak akan terasa gampang dilakukan dengan cara menyanyi atau dengan kata lain mengungkapkan perasaan melalui menyanyi. Selain memudahkan anak dalam mengingat dari setiap yang disuarakan dalam hal ini membantu kognitif anak, cara ini juga membantu tumbuh kembang mereka untuk bisa bisa bermain sambil belajar.
.
Sangat besar faedah yang didapat oleh anak-anak dengan menyanyi karena akan membantu menumbuhkan karakter, rasa percaya diri dan tentunya akan menyehatkan mereka. Lalu apakah anak-anak harus menyanyi setiap hari? atau melafalkan setiap pelajaran atau segala sesuatunya dengan nyanyian? Tentu saja tidak, anak-anak juga butuh kehidupan yang harmoni, yang ceria, dan seimbang dalam masa tumbuh kembang mereka. Bernyanyi merupakan salah satu cara yang bisa membantu anak-anak seperti yang telah disebutkan diatas

Bagaimana Melatih Anak Agar Mampu Bernyanyi?
Menyanyi adalah melantunkan kalimat demi kalimat dalam sebuah nada atau lagu yang biasanya diiringi dengan musik yang hampir semua manusia yang ada di bumi ini bisa melakukannya, mulai dari anak-anak sampai orang tua, semua bisa bernyanyi. Bernyanyi bisa dilakukan dengan otodidak atau juga dengan belajar secara profesional dengan guru menyanyi.

Untuk memaksimalkan bakan menyanyi kepada anak seharunya modal awal yang dimiliki oleh anakpun orang tua harus tahu, tidak hanya keinginan besar untuk menyanyi namun volume suara, kemampuan untuk menguasai nada rendah maupun nada tinggi, teknik menggunakan mikrofon dan hal lain yang bisa mempermudah mengembangkan bakat menyanyi pada anak. Orang tua harus fair jika anak dari segi teknik vokal sangat berat untuk dikembangkan, jangan pula dipaksakan untuk mendapatkan juara dalam lomba menyanyi. Cukup dengan mengembangkan sesuai dengan kemampuannya. menjadi diri sendiri sesuai dengan yang dimilikinya, akan sangat membantu untuk setapak demi setapak dalam mengembangkan bakat dan teknik vokal dalam menyanyi.

Untuk Melatih dalam mengembangkan bakat menyanyi, setidaknya ada 6 hal yang bisa dilakukan diantaranya :
  1. Sering Mendengarkan Musik
     Melalui memperdengarkan musik sejak dini akan melatih dan merangsang perkembangan otak anak dalam belajar bernyanyi. Memilih jenis musik juga akan menentukan ke arah mana bakat akan dikembangkan.
  2. Menonton Video Musik
    Cara ini merupakan variasi dari no.1. dengan melakukan secara bervariasi. Jika anak bosan menonton, lakukan dengan mendengarkan, begitu sebaliknya. Dengan menonton video musik, anak akan lebih senang bermain dan belajar jika ada tampilan dalam bentuk visual seperti video. Begitu juga dengan bernyannyi, pertontonkan mereka video yang ada lagunya
  3. Sesuaikan lirik lagu dengan umurnya.
    Pilih lagu dan musik yang sesuai dengan usia perkembangan anak-anak, jangan memperdengarkan atau memperlihatkan lagu atau video lagu pada anak-anak yang belum seusai dengan usia mereka. Karena lagu atau video akan mempengaruh karakter serta perilaku anak
  4. Lakuukan latihan menyanyi saat mood
    Pilih waktu yang tepat dalam mengajarkan anak-anak bernyanyi. Menyanyi memang menyenangkan namun jika terlalu sering mengajarkan apalagi sampai menyuruh anak-anak untuk selalu bernyanyi juga tidak baik
  5. Pantau perkembangannya setiap selesai menyanyi
    Memantau perkembangan sebaiknya dari kemampuan menguasai vokal dan teknik menyanyi lainnya. Selain itu jangan biarkan anak-anak bernyanyi sendirian, orang tua juga wajib dalam menjaga dan melatih serta membimbingnya. Jika ada dana lebih, bisa mendatangkan guru les menyanyi atau memasukkannya ke les menyanyi.
  6. Kursus Vocal untuk lebih profesional
    Setelah muncul bakat dan motivasi untuk menyanyi. Saatnya untuk kursus kelas olah vokal. Sebaiknya pilih kursus khusus untuk anak anak seusianya.

BACA JUGA : 3 Tips Memilih Lagu Dalam Kontes Menyanyi
Dengan 6 tips diatas setidaknya akan mampu meningkatkan bakat menyanyinya setahap demi setahap. Satu hal yang penting adalah jangan pasang target yang tidak mampu dijangkau anak, karena akan berakibat fatal jika tidak dapat terpenuhi oleh anak.