Teluk Belanga Dan Baju Kurung, Tradisi Pakaian Melayu Yang Tetap Lestari Di Tanah Bertuah Negeri Beradat

Teluk Belanga Dan Baju Kurung, Tradisi Pakaian Melayu Yang Tetap Lestari Di Tanah Bertuah Negeri Beradat

Ngamen Blog  |  Pakaian adat suku melayu dimanapun berada salah satu yang paling populer adalah Teluk Belanga Dan baju Kurung. Tradisi berpakaian ini tampak akan tetap lestari sejalan dengan diberlakukannya kewajiban Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Serdang Bedagai.  Bupati Serdang Bedagai, Soekirman,  mengatakan, penggunaan baju adat Melayu ini adalah sesuai sesuai dengan Peraturan Bupati No. 63 Tahun 2017 tentang pedoman pakaian dinas ASN dan Tenaga Kontrak di lingkupan Pemkab Serdang Bedagai.

Bupati mengatakan bahwa pakaian dalam budaya Melayu harus mampu menunjukkan jati diri pemakainya dan pakaian merupakan salah satu simbol yang mencerminkan karakter budaya yang bukan hanya sekedar kain melainkan rekam-jejak sejarah, pemikiran dan juga keyakinan.


Pakaian Melayu juga dikaitkan dengan fungsinya yaitu bahwa pakaian sebagai penutup malu, pakaian sebagai penjemput budi, dan pakaian sebagai penjunjung adat, pakaian sebagai penolak bala dan kelima pakaian menjunjung bangsa.

"Merupakan sebuah penghormatan terbesaar juga karena saya telah dianugerahi gelar Datuk Setia Amar Negeri dan Wakil Bupati Darma Wijaya gelar Datuk Payung Negeri oleh Pangeran Kerajaan Bedagai," katanya.

Semoga marwah tradisi melayu tetap berjaya dan selalu menjadi bagian dari budaya asli dibumi yang mempunyai tradisi dan heterogenitas. 

Sumber : sumut.antaranews.com
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Jangan lupa sobat, kasih komentar ya !!! No spammer allowed